Berkat CSL, Tahun 2023 Dua Ribu Rumah Warga Kurang Mampu di Kepri Bakal Dibedah

banner 160x600
banner 468x60

 

Batam, – Tahun anggaran 2023 nanti, melalui dana aspirasi Cen Sui Lan (CSL) Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fraksi Golkar Dapil Kepri senilai Rp 40 miliar, akan dialokasikan untuk program rehabilitasi atau bedah rumah.

Yang mana, Penerima program bedah rumah dari dana aspirasi Cen Sui Lan ini diperuntukkan kepada 2.000 keluarga kurang mampu di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

“Saya mengalokasikan dana untuk 2.000 unit rumah dalam program beda rumah ini. Nilai totalnya Rp40 miliar. Dana itu berasal dari dana aspirasi saya untuk masyarakat kurang mampu di Kepri. Kita realisasikan pada tahun anggaran 2023 nanti,” ujar Cen Sui Lan di sela memberikan pengarahan dan tatap muka dengan warga Calon Penerima Bantuan (CPB) di Kelurahan Tiban Lama, Kecamatan Tiban, Kota Batam pada Sabtu (8/10/2022).

Pada kesempatan tersebut, Cen Sui Lan menyosialisasikan tentang program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang lebih dikenal dengan program bedah Rumah. Cen Sui Lan menyebutkan, sekitar 1.000 unit rumah penerima bantuan bedah rumah ini, akan dialokasikan di Kota Batam. Karena berdasarkan konfigurasi, jumlah penduduk Kepri, 58 persen berada di Kota Batam. Dan kelompok penerima manfaat dari program ini juga sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kepri.

Pertemuan Sosialisasi ini memberikan penjelasan tentang program, syarat-syarat bagi warga yang menerima bantuan, syarat fisik tentang kondisi atap lantai dan dinding (aladin). Apabila 2 dari 3 syarat fisik itu ada, maka rumah tersebut mendapat bantuan Rp20 juta. Dengan rincian Rp17,5 juta untuk bahan bangunan, dan Rp25 juta untuk upah tukang. Selain itu, persyaratan fisik juga ada persyaratan administrasi berupa KTP, KK dan surat legal tanah.

Sosialisasi program bedah rumah ini dihadiri Ketua RW dan Ketua ketua RT di Tiban Lama serta Tenaga Ahli DPR RI Herdiyanto, Teddy Martus dan Agustar. Turut hadir koordinator Kota Batam untuk program Bedah Rumah dari Cen Sui Lan. Yiatu Irwansyah dan Relawan Cen Sui Lan. Serta Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) program BSPS SNVT Kepri BP2P Wilayah Sumatera III Kepri-Riau-Sumbar Ditjen Perumahan Kemnterian PUPR. (blog.censuilan.com/sigaews.cco.id)

 

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.