BP Batam Gelar Sosialisasi Penanggulangan Kebakaran kepada Masyarakat

banner 160x600
banner 468x60

Batam-Badan Pengusahaan (BP) Batam melalui Direktorat Pengamanan Aset menggelar Sosialisasi Penanggulangan Pertama dalam Kebakaran kepada masyarakat Perumahan Bumi Sakinah Tembesi pada hari Sabtu (15/10/2022) bertempat di Fasum RW 11 Perumahan Bumi Sakinah Tembesi.

Kegiatan ini dibuka oleh Kasubdit. Mitigasi dan Penanggulangan Kebarakan, Hari Cahyono yang menyebutkan bahwa kegiatan merupakan salah satu instruksi Kepala BP Batam, Muhammad Rudi kepada Direktorat Pengamanan Aset untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dalam upaya pencegahan kebakaran di lingkungan perumahan.

 

“Sosialisasi ini merupakan salah satu instruksi Kepala BP Batam kepada kami untuk memberikan edukasi terkait mitigasi kebakaran di masyarakat dalam upaya pencegahan kebakaran ” ungkap Hari.

Dalam sosialiasi ini turut mempraktikkan cara memadamkan api di atas kompor dengan menggunakan karung goni serta Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Antusias warga sangat tinggi terlihat dari banyaknya warga yang mengajukan diri untuk mencoba melalukan pemadaman kompor yang telah dilahap Si Jago Merah ini.

 

Warga yang antusias turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada BP Batam atas terselenggaranya kegiatan ini dan berharap di lain waktu BP Batam dapat secara rutin memberikan edukasi seperti ini kepada masyarakat.

“Saya sangat senang mendapat pengalaman ini karena kami para Ibu-Ibu setiap harinya bersentuhan dengan api” ujar Tri Luky Riyanti, salah satu guru SD Assakinah Perumahan Bumi Sakinah.

 

“Terima kasih kepada BP Batam yang telah menyempatkan untuk memberi edukasi kepada kami tentang mengatasi kebakaran di skala kecil, semoga kedepannya kegiatan seperti ini dapat terus terlaksana agar masyarakat memahami cara penanggulangan pertama jika terjadi kebakaran” kata Achmad Mudiyanto, salah satu warga yang hadir.

Direktorat Pengamanan BP Batam melalui Subdit. Mitigasi dan Penanggulangan Kebakaran memiliki tiga tugas utama, yaitu:

  1. Mitigasi Kebakaran, bertugas untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan serta penanganan pertama jika terjadi kebakaran;
  2. Penanggulangan Kebakaran, bertugas untuk memadamkan api jika terjadi kebakaran; dan
  3. Rescue atau Penyelamatan, bertugas untuk memberikan pertolongan seperti penanganan sarang tawon, ular atau hewan buas yang memasuki pemukiman, hingga penyelamatan orang yang terjebak di ketinggian.

Masyarakat dapat menghubungi nomor 08116060113 jika membutuhkan bantuan Subdit. Mitigasi dan Penanggulangan Kebakaran BP Batam serta seluruh layanannya tidak dipungut biaya (gratis).

“Kami hadir untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dari bahaya kebakaran maupun potensi bahaya lainnya seperti hewan buas, sarang tawon, bahkan cincin yang tersangkut di tangan sekali pun” imbuh Hari.

“Jika masyarakat membutuhkan bantuan, silahkan langsung hubungi nomor call center kami dan kami akan segera bertindak untuk menjamin rasa aman di masyarakat” tutup Hari. (hms bpbatam/mi)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.