Cen Sui Lan Dorong Menhub Lanjutkan Subsidi,

77 views
banner 160x600
banner 468x60

Penerbangan Perintis Dari Tanjung Pinang Tambelan

TANJUNGPINANG– Selain mendorong konektivitas pembangunan jalan nasional ke Bandara Tambelan, Cen Sui Lan juga terus berjuang agar penerbangan perintis ke sana tetap ada salah satunya Pesawat jenis Cassa dari maskapai penerbangan Susi Air.

Terbaru, Politisi Kepri di DPR itu meminta Menhub tetap menganggarkan subsidi penerbangan perintis Tanjungpinang-Tambelan.

“Iya, oktober subsidi penerbangan Susi Air habis,” tegas Cen, anggota Komisi V DPR, kepada Menhub Budi Karya Sumadi saat rapat kerja, Kamis (24/11/2022).

Cen sui lan berharap tak terjadi kekosongan penerbangan perintis. Dan, Kemenhub diharapkan tetap menyubsidi penerbangan ke sana.

Sebab, lanjut Cen, jika menggunakan kapal laut waktu perjalanan 24 jam. Sedangkan pakai Susi Air cukup sejam, warga Tambelan sudah tiba di Tambelan. Subsidi tadi, kata Cen, penting bagi upaya meningkatkan ekonomi di Tambelan, lantaran terpisah lautan, menjadi agak tersendat.

Saat reses Oktober lalu, keluhan soal penerbangan perintis ke Tambelan juga terdengar. Saat itu, Cen berjanji akan berkoordinasi dengan Dirjen Perhubungan Udara. Sebab penerbangan perintis sudah habis masa kontrak tahun anggaran 2022 di Oktober.

Penghentian sementara akses penerbangan perintis ke Tambelan di Bintan dari Bandara RHF Tanjungpinang disampaikan Baharuddin, Camat Tambelan saat menghadiri reses Cen di Bintan Timur, pertengahan Oktober lalu.

“Saat ini masyarakat kita susah untuk ke Tambelan Bu Cen. Karena terhitung Senin (17/10/2022), penerbangan rute Tambelan itu sudah habis kontrak,” kata Baharudin saat itu. Selama ini, penerbangan perintis rute Pinang-Tambelan dua kali seminggu.

“Kalau menunggu jadwal kapal roro ke Tambelan itu, waktunya cukup lama. Jadi, transportasi udara ke Tambelan itu sangat perlu,” beber Cen saat itu. Tambelan merupakan kecamatan di Bintan, dengan lokasi lebih dekat ke Kalimantan Barat.

Sementara Susi Puji Astuti pemilik PT ASI Pujiastuti Aviation dalam tweetnya di Twiter menulisakan beberapa pertanyaan terkait rute dan waktu penentuan penerbangan.

Kawan-kawan, @susiair akan membuka rute:
1. Natuna – Pontianak – Natuna
2. Pontianak – Tambelan – Pontianak
3. Natuna – Letung – Natuna

Menurut Kawan Susi Air, sebaiknya di hari apa ? tulis mantan menteri Kelautan dan Perikanan di twiter.Kalau jamnya, sebaiknya rute yang dari Natuna di jam berapa,” lanjut tulis Susi. (blog.censuilan.com)

 
Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.