Turnamen Catur Rosano Cup I Digelar di Batam 6-9 Agustus

banner 160x600
banner 468x60

Diharapkan akan Melahirkan Bibit Atlet Pecatur Handal

 

Pantia bersama Ahmad Rosano

Indonesiatopnews.com.Batam- Turnamen Catur memperebutkan Piala yang disediakan penyelenggara Ahmad Rosano yang diberi nama Rosano Cup I akan berlangsung mulai besok Sabtu 6 Agustus  hingga tanggal 9 Agustus 2022.  Penyelenggaraan turnamen Catur Rosano Cup I, mendapat dukungan dari pengurus   Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Batam. 

Wakil Ketua Percasi Kota Batam Jodi Simanjuntak menyebut, turnamen Catur Rosano Cup I ini disambut masyarakat Batam, yang bertujuan untuk mencari atlet catur handal yang nantinya bisa mewakili Kota Batam  atau  Kepri  untuk event regional bahkan nasional dan internasional.  Sehingga menurutnya, harus didukung semua pihak unuk kelancaan turnamen Rosano CupI ini.

Di samping mencari bibit-bibit baru pecatur yang handal, juga sebagai ajang silaturahmi antar pecinta olah raga catur,  juga memasyarakatkan Catur  yang jarang digelar di daerah ini, Batam maupun Kepri.  Turnamen Catur Rosano CupI ini disebut-sebut menyediakan hadiah yang lumayan besar disamping  memperebutkan Piala Rosano Cup. Penyelenggaraan turnamen Catur yang diselenggarakan perorangan yaitu tokoh pemuda Ahmad Rosano termasuk pertama kalinya dan merupakan sejarah baru di Provinsi Kepri dan kota Batam khususnya.

Disebut-sebut, hadiah utama $1000 Singapura yang diinisiasi Pak Rosano.  Tentu  ini menjadi sejarah di tingkat lokal Batam maupun  Provinsi Kepri dengan hadiah terbesar,” ungkap Jodi disela-sela rapat tekhnis bersama Tim R selaku panitia turnamen beberapa waktu lalu  di Puas Hati Cafe. 

 

Panitia bersama Ahmad Rosano dan para pendukung penyelenggara
 

Namun demikian, Jodi mengingatkan agar pemain jangan terfokus pada hadiahnya, tetapi lebih pada tujuan utama turnamen ini digelar, yakni silaturahmi, happy fun dan juga ajang pencarian bakat bagi pecatur non gelar. “Selain jadi ajang silaturahmi, kami berharap lahir pacatur baru, tidak itu-itu saja yang muncul selama ini,” ungkapnya didampingi Sekretaris Umum Percasi Batam, Nurdin Simanjuntak.

Karenanya, ia berharap semua pihak dapat bergandengan tangan untuk mensukseskan turnamen Rosano Cup I. Dan menaruh harapan agar kedepan Team R dan Percasi Batam bisa terus bersinergi menggelorakan catur di Kota Batam.

Sesuai kesepakatan panitia dan wasit, pertandingan ini menggunakan Sistem Swiss manager 6 babak, dimana penentuan juara dilakukan melalui:

  1. Match point atau poin tertinggi,
    2. Head to head adalah hasil ketika berhadapan,
    3. Buchholz/solkoff adalah jumlah poin lawan lawan yang pernah dihadapi,
    4. Sonneborn-berger adalah jumlah poin dari lawan lawan yang pernah dikalahkan ditambah setengah dari poin tiap lawan yang ditahan remis,
    5. Progressive scor yakni jumlah nilai perorangan seluruh babak.

“Sistem Swiss, tidak ada sistem gugur tetapi setiap pemain berupaya mengumpulkan poin tertinggi untuk menjadi juara,” terangnya.

Dijelaskan, bahwa pemain yang menang di setiap babak akan memperoleh poin 1, kemudian pemain yang remis atau seri akan memperoleh poin 1/2 dan pemain yang kalah tidak memperoleh poin.

Dan setiap babaknya, lanjut penyandang master ini, akan menggunakan waktu satu jam. Sehingga pemenang pertandingan tidak hanya ditentukan oleh kepiawaian bermain catur, tetapi juga bagaimana menggunakan waktu 60 menit yang disiapkan.

“Dengan diadakannya turnamen ini akan banyak bermunculan penggiat catur kedepannya,” pungkasnya. 

 

Ucapan Selamat dari Dandim 0316/Batam Letkol Inf Galih Bramantyo SE MSi

Sekretaris Tim R, Amir Yunus menyambut baik dukungan semua pihak dalam turnamen ini, karena dukungan itu pula ia selaku panitia berupaya menghadirkan turnamen ini sesuai aturan main.“Turnamen ini milik kita semua, karenanya kita harus berupaya menghadirkan turnamen ini sesuai aturan awal, makanya beberapa hari ini kita lakukan verifikasi peserta dengan syarat mutlak memiliki KTP Batam, bukan atlet atau master dan belum pernah menjuarai open turnamen,” jelas Amir Junus. 

Menurut catatan, Turnamen Catur Rosano Cup I mendapat sambutan yang luar biasa dari semua elemen masyarakat Batam hingga ke pejabat Pemerintah.  Terbukti dengan banyaknya papan bunga ucapan selamat , mulai dari lapisan masyarakat, swasta hingga pejabat Pemerintah, TNI dan Polri yang berjejer rapi di dekat lokasi penyelenggaraan. (eston)

sumber : Detak News

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.